Apakah Yang Menjadi Kriteria Pada Stratifikasi Sosial

Stratifikasi sosial merujuk pada pembagian masyarakat ke dalam lapisan-lapisan yang berbeda berdasarkan faktor-faktor tertentu. Kriteria-kriteria yang digunakan dalam proses stratifikasi sosial sering kali menjadi penentu utama dalam menentukan status, kekuasaan, dan akses terhadap sumber daya di masyarakat. Beberapa kriteria yang menjadi landasan utama dalam stratifikasi sosial antara lain:

1.

Kekayaan dan Pendapatan

: Kekayaan dan pendapatan merupakan salah satu kriteria utama dalam stratifikasi sosial. Individu atau kelompok yang memiliki akses terhadap sumber daya ekonomi yang besar cenderung memiliki status sosial yang lebih tinggi dan kekuasaan yang lebih besar daripada mereka yang memiliki kekayaan dan pendapatan yang lebih rendah.

2. Pendidikan: Tingkat pendidikan juga menjadi kriteria yang penting dalam stratifikasi sosial. Individu dengan pendidikan tinggi cenderung memiliki akses lebih besar ke pekerjaan yang berkualitas, pendapatan yang lebih tinggi, serta status sosial yang lebih tinggi dalam masyarakat.

3. Pekerjaan dan Profesi: Jenis pekerjaan atau profesi yang dijalankan oleh seseorang juga memainkan peran penting dalam menentukan stratifikasi sosial. Profesi tertentu, seperti dokter, pengacara, atau pejabat pemerintah, cenderung memberikan status sosial yang lebih tinggi dan kekuasaan yang lebih besar daripada pekerjaan-pekerjaan yang dianggap kurang bergengsi.

4. Kekuasaan Politik: Kekuasaan politik merupakan kriteria penting lainnya dalam stratifikasi sosial. Individu atau kelompok yang memiliki pengaruh politik yang besar atau jabatan politik yang tinggi cenderung memiliki status sosial yang lebih tinggi dan akses yang lebih besar terhadap sumber daya politik dalam masyarakat.

5. Keturunan dan Asal Usul Sosial: Faktor keturunan dan asal usul sosial juga sering memainkan peran dalam stratifikasi sosial. Keluarga atau kelompok-kelompok tertentu yang memiliki latar belakang sosial atau keturunan yang terhormat cenderung memiliki status sosial yang lebih tinggi daripada mereka yang berasal dari latar belakang sosial yang kurang terhormat.

Pengenalan dan pemahaman terhadap kriteria-kriteria stratifikasi sosial ini penting untuk menganalisis struktur sosial suatu masyarakat. Namun, upaya untuk mengurangi kesenjangan antar lapisan sosial dan memastikan kesetaraan peluang bagi semua individu tetap menjadi tujuan penting dalam upaya mencapai masyarakat yang lebih adil dan berkeadilan. Dengan mendorong akses yang lebih luas terhadap pendidikan, kesempatan kerja, dan keadilan sosial, kita dapat mengurangi dampak negatif dari stratifikasi sosial yang berlebihan.

Scroll to Top