Cara Menanam Kelengkeng Dari Biji

‘Panduan Lengkap: Cara Menanam Kelengkeng dari Biji’

Kelengkeng adalah buah yang lezat dan sehat yang sangat populer di Indonesia. Menanam kelengkeng dari biji adalah salah satu cara ekonomis untuk memiliki pohon kelengkeng sendiri di halaman belakang Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas panduan langkah demi langkah tentang cara menanam kelengkeng dari biji.

1. Pemilihan Biji:

Langkah pertama adalah memilih biji kelengkeng yang baik. Anda dapat mendapatkan biji kelengkeng dari buah kelengkeng yang matang. Pastikan bijinya segar dan bebas dari kerusakan.

2. Persiapan Biji:

Anda harus mencuci biji kelengkeng dan membersihkannya dari sisa daging buah yang menempel. Setelah itu, rendam biji dalam air selama beberapa jam atau semalam untuk memecahkan lapisan keras di sekitar biji.

3. Penyemaian:

Setelah biji direndam, Anda bisa menyemai biji tersebut. Anda dapat menggunakan pot kecil atau polibag yang diisi dengan campuran tanah potting yang baik. Tanam biji dalam campuran tanah hingga kedalaman sekitar 2 cm.

4. Perawatan Bibit:

Tempatkan pot atau polibag di lokasi yang cerah namun tidak langsung terkena sinar matahari. Pastikan untuk menjaga kelembaban tanah dengan rajin menyiram bibit. Sinar matahari langsung dapat merusak bibit, jadi hindari sinar matahari yang terlalu terik.

5. Transplantasi:

Setelah bibit tumbuh menjadi tanaman kecil dengan beberapa daun, Anda dapat mempertimbangkan untuk mentransplantasikan mereka ke lokasi yang lebih permanen di halaman Anda. Pastikan untuk memilih lokasi yang mendapatkan cahaya matahari cukup dan memiliki drainase yang baik.

6. Perawatan Tanaman:

Kelengkeng memerlukan perawatan yang cermat. Pastikan untuk menyiramnya secara teratur dan memberikan pupuk yang cocok untuk tanaman buah-buahan. Jangan lupa memangkas cabang yang rusak atau yang tumbuh terlalu rapat.

7. Perlindungan dari Hama dan Penyakit:

Kelengkeng rentan terhadap serangga dan penyakit tertentu. Pastikan untuk memeriksa tanaman secara berkala dan melindunginya dari hama dan penyakit dengan cara yang sesuai.

8. Kesabaran:

Menanam kelengkeng dari biji memerlukan kesabaran. Pohon kelengkeng dapat membutuhkan beberapa tahun sebelum berbuah. Jadi, bersabarlah dan terus perawatan pohon dengan baik.

Menanam kelengkeng dari biji adalah proses yang memerlukan perawatan dan kesabaran. Namun, hasil akhirnya sangat memuaskan ketika Anda melihat pohon kelengkeng Anda tumbuh dan menghasilkan buah yang lezat. Dengan panduan ini, Anda dapat memulai perjalanan untuk memiliki pohon kelengkeng di halaman Anda sendiri.

Scroll to Top