Perbedaan Unicorn Dan Decacorn

Perbedaan Unicorn dan Decacorn: Istilah dalam Dunia Startup

Unicorn dan Decacorn adalah dua istilah yang sering digunakan dalam dunia startup dan investasi. Kedua istilah ini merujuk kepada perusahaan teknologi yang memiliki nilai pasar yang sangat tinggi, tetapi terdapat perbedaan yang signifikan dalam skala nilai pasar yang mereka wakili. Artikel ini akan membahas perbedaan antara Unicorn dan Decacorn.

Unicorn:

Unicorn adalah istilah yang pertama kali digunakan oleh Aileen Lee, seorang investor risiko, untuk merujuk kepada perusahaan teknologi startup yang memiliki nilai pasar atau valuasi lebih dari 1 miliar dolar. Valuasi adalah nilai perkiraan suatu perusahaan berdasarkan investasi yang telah dilakukan padanya. Unicorn adalah perusahaan startup yang telah melewati tahap awal pengembangan dan telah berhasil mendapatkan dana investasi dalam jumlah besar.

Unicorn memiliki potensi pertumbuhan yang sangat tinggi dan sering kali menarik perhatian investor dan media. Mereka sering didefinisikan oleh inovasi teknologi yang signifikan atau oleh konsep bisnis yang baru dan menarik. Beberapa contoh unicorn terkenal termasuk Uber, Airbnb, dan SpaceX.

Decacorn:

Decacorn adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada perusahaan teknologi startup yang memiliki nilai pasar lebih dari 10 miliar dolar. Ini adalah tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan unicorn dan mencerminkan perkembangan dan pertumbuhan yang luar biasa dari perusahaan tersebut. Decacorn seringkali mencapai tahap ini setelah mendapatkan dana investasi dalam jumlah besar dan memperluas operasinya di tingkat global.

Perusahaan teknologi yang disebut sebagai decacorn sering memiliki dampak besar dalam industri dan pasar. Mereka sering memimpin dalam inovasi teknologi dan menciptakan peluang bisnis yang baru. Contoh-contoh perusahaan decacorn termasuk SpaceX, Stripe, dan Ant Financial.

Perbedaan Utama:

Perbedaan utama antara unicorn dan decacorn adalah dalam skala nilai pasar atau valuasi mereka. Unicorn memiliki valuasi lebih dari 1 miliar dolar, sementara decacorn memiliki valuasi lebih dari 10 miliar dolar. Decacorn mencerminkan tingkatan yang lebih tinggi dalam hal pertumbuhan dan pengaruh dalam dunia bisnis dan teknologi.

Unicorn dan decacorn adalah istilah yang digunakan dalam dunia startup untuk merujuk kepada perusahaan teknologi dengan tingkat valuasi tertentu. Perbedaan utama antara keduanya adalah dalam skala nilai pasar, di mana decacorn memiliki valuasi yang lebih tinggi daripada unicorn. Kedua istilah ini mencerminkan kesuksesan dan potensi pertumbuhan perusahaan startup dalam dunia yang kompetitif.

Scroll to Top